Merantau ke Jepang (Part1)

Senin, 28 Mei 2018

Liburan Musim Dingin di Jepang (Nihon no Fuyu Yasumi)

Assalamualaikum

Halo sobat,
Sekarang saya akan bercerita tentang musim dingin di Jepang. Bulan Desember Jepang sudah masuk musim dingin atau Fuyu (冬), Ini adalah musim dingin pertama saya di tahun pertama menjadi kenshusei. Yang ditunggu-tunggu di musim dingin ini yaitu turunnya si putih nan halus yaitu salju atau bahasa jepang nya Yuki (雪). Kenapa salju ditunggu-tunggu?? karena itu yang bikin penasaran selama ini cuma tau salju di tv, gambar, foto dan sebagainya.


Suhu rata-rata terendah di musim dingin mungkin mencapai 1.8 derajat celcius atau bahkan bisa mencapai minus. Bahkan dibulan puncak musim dingin yaitu Januari, air pun bisa sampai membeku loh sobat, inilah yang pernah saya lihat sendiri


Setelah saya tanya-tanya dengan orang Jepang yang ada di pabrik, salju turun tidak menentu. Kadang cepat atau lambat. Kadang di awal Desember sudah turun atau di akhir Desember bahkan bisa-bisa turun di bulan Januari. Oh iya sobat, musim dingin di Jepang itu antara bulan November sampai Maret. Turunnya salju pun tidak langsung merata di seluruh Jepang loh sobat. Jepang bagian utara biasanya yang lebih dulu turun salju.

Nah..di musim dingin itu tidak hanya salju yang ditunggu-tunggu tapi masih banyak hal lainnya loh sobat. Apa saja sih hal-hal yang orang Jepang lakukan di musim dingin, karena setiap musim berganti maka berbeda pula kegiatan yang dilakukan. Hmm.. yang penasaran, saya akan ulas dibawah ini.


1. Bonenkai (Pesta Akhir Tahun Perusahaan)

Di akhir tahun menjelang tahun baru biasanya perusahaan di Jepang sudah mulai libur. Jadi libur musim dingin sekaligus tahun baru.
Begitu juga di pabrik tempat saya bekerja, memasuki hari libur musim dingin di hari terakhir kerja pasti perusahaan mengadakan pesta makan-makan akhir tahun atau biasa disebut Bonenkai (忘年会).
Setiap perusahaan di Jepang hampir pasti melakukan acara bonenkai ini. Bonenkai ini  adalah ajang silaturahmi dan ramah tamah sesama karyawan basanya dilakukan sambil menyantap yakiniku dan karaoke.

Bonenkai sekaligus perpisahan terhadap tahun yang lama, dan menyambut semangat kerja di tahun yang baru supaya di tahun yang baru lebih baik lagi.

2. Pergi ke Kuil

Tahun baru mungkin bisa dibilang hari rayanya orang Jepang. Karena memasuki momen pergantian tahun baru mereka biasanya bersih-bersih rumah untuk menyambut tahun baru. Kemudian ketika sudah memasuki tanggal 1 sebagian warga Jepang pergi ke kuil (神社/Jinja) untuk beribadah.

3. Main Salju dan Ski

Ski timee.. Yup, ga afdol rasanya kalau musim dingin dilewatkan begitu saja tanpa olahraga yang satu ini. Bagi sebagian masyarakat Indonesia tentu ski adalah olahraga yang jarang atau bahkan tidak pernah dilakukan. yaiyalah di Indonesia kan ngga ada salju Tapi kalau sobat lagi ada di Jepang pas musim dingin, sobat harus lakukan olahraga yang satu ini. Selain main ski sobat juga bisa bermain ditengah tumpukan salju yang lembut, bermain bola salju, atau membuat boneka salju.

4. Pergi ke Onsen/温泉 (kolam berendam air panas)

Onsen?? apa itu onsen?? onsen adalah tempat pemandian sumber air panas baik alami atau buatan di Jepang. Di musim dingin enaknya menghangatkan tubuh dengan cara merendam sebagian tubuh di kolam onsen, Efeknya sangat baik sekali untuk kesehatan kita. Apalagi jika onsen tersebut berada di antara pegunungan yang indah, berendam sambil menikmati pemandangan yang indah. Waah ga kebayang ya rasanya..

5. Pergi ke berbagai festival musim dingin

Jepang memiliki festival yang menarik di setiap musimnya, tidak terkecuali musim dingin. Dari utara sampai selatan Jepang selalu saja ada festival. Salah satu yang paling populer adalah festival musim dingin di Hokkaido, pulau yang letaknya ada di paling utara Jepang. Dari beberapa festival yang keren di Hokkaido yang paling terkenal adalah Sapporo Snow Festival yang di gelar di kota Sapporo. Aneka patung dari salju dibuat keren di festival ini.


Naah banyak sekali kan aktivitas musim dingin, itu belum seberapa. Masih banyak kegiatan lainnya yang seru di musim dingin. Seperti berburu kuliner, belanja pakaian musim dingin, menginap di penginapan traditional Jepang, dan waah masih banyak lagi deh. Yang kapan-kapan akan saya ulas di melalui blog ini.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar

"Silakan komentar dengan bijak, sopan, dan tidak berbau SARA"

Belajar Memahami Pekerjaan

Assalamualaikum.. Akhirnya mulai ng-blog lagi nih, setelah berbulan-bulan buka blog cuma diliatin doang. Sempet bingung mau posting apa s...